Apa sih Blu Ray itu?

Sony sebagai pencipta Blu-ray Disc kini dapat tersenyum puas setelah mengalahkan Toshiba dalam perebutan format tunggal High Definition Video. Namun sebenarnya faktor apa saja yang membuat Blu-ray unggul dari HD-DVD milik Toshiba? Apakah sekedar kekalahan dari sisi marketing? Nampaknya tidak, karena Blu-ray juga memiliki banyak keunggulan sebagai sebuah format DVD masa depan.

Blu-ray sebagai sebuah format DVD masa depan mempunyai kapasitas penyimpanan yang cukup besar, untuk single layer Blu-ray berkapasitas 25 GB, sedangkan untuk dual layer mampu menampung hingga 50 GB. Data pada Blu-ray ini tersimpan pada kedalaman 0,1 mm dengan dilapisi lapisan anti-gores yang akan menjamin keamanan data dari segala jenis garesan yang mungkin terjadi dan dapat merusak data.

Untuk standarisasi video, Blu-ray mempergunakan standart encoding  video (MPEG-2, MPEG-4, VC1). Sedangkan untuk standart audio, Blu-ray mempergunakan Dolby, DTS, dan seterusnya. Encoding untuk film dijalankan pada ukuran 1920 dan 1080 dengan frame 24 fps (frame per second). Untuk panjang gelombang laser biru yang dipakai adalah 405 nm yang mampu mengecilkan gambar hingga 720p (resolusi 1280×720). Selain itu Blu-ray juga mampu memfokuskan sinar laser secara lebih pendek sehingga data dapat tersimpan dengan lebih rapat.

Blu-ray juga mempunyai keistimewaan dalam hal ketajaman dan kehalusan gambar serta suara yang dihadirkan. Setidaknya hal ini terlihat dari maksimal bit rate Blu-ray yang mencapai 48 Mbit/detik. Ini berarti Blu-ray lebih dapat menjamin kualitas video yang disajikan jika dibandingkan dengan HD-DVD yang hanya terbatas pada bit rate 30,24 Mbit/detik.

Berdasarkan fakta-fakta tersebut di atas, maka sangat wajar apabila akhirnya Blu-ray mampu menjadi format tunggal untuk format High Definition Video. Dalam segala macam persaingan pun pada akhirnya hanya yang terbaik yang akan bertahan, begitu pula Blu-ray yang akhirnya dapat membuktikan supremasinya dalam hal teknis, walaupun juga didukung dengan strategi marketing Sony yang handal.

6 thoughts on “Apa sih Blu Ray itu?

  1. choery mengatakan:

    Apakah ada kepingan Blu Ray murahan seperti kepingan DVD dan CD yg tersedia di toko2?

  2. sidoel mengatakan:

    Apakah ada kepingan Blu Ray dengan harga murah seperti kepingan DVD yg sekarang tersedia di toko2?

    • k0m3d1 mengatakan:

      tdk ad…
      karena kepingan blu-ray sangat istimewa…
      walau tersiram air , file yg ad pda kepingan tersebut tidak akan rusak..
      tergorespun sama , tidak bisa rusak file yg terdapat di dalamnya..

  3. Farrel82 mengatakan:

    Boleh saya copas Artikelnya?

  4. LiLdd mengatakan:

    Numpang tanya, td ktanya kepingan blu-ray itu istimewa, tp koq skrg toko2 onlen bnyk yg jual film2 dlm bentuk blu-ray ya?
    Kira2 itu beneran kepingan blu-ray apa gak?
    Trus gmn cara bedain kepingan blu-ray sama kepingan dvd biasa?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s